@thesis{thesis, author={SARI FITRI DIAN NITI}, title ={PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MTS MUHAMMADIYAH 1 MALANG}, year={2015}, url={https://eprints.umm.ac.id/25676/}, abstract={Penilaian autetik adalah penilaian yag dilakukan dengan memberikan tugas-tugas pada siswa untuk mengetahui kompetensi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dimiliki siswa pada pembelajaran matematika dengan matematika pada materi bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penilaian autentik pada mata pelajaran matematika di MTs Muhammadiyah 1 Malang yang berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian desktiptif dengan pendekatan kualitatif. Responden penelitian sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes tulis, portofolio, dan dokumentasi. Pada pertemuan pertama dan kedua, soal yang diberikan secara berkelompok sejumlah 5 soal dan soal kuis sejumlah 2 soal. Sedangkan pada pertemuan ketiga diberikan soal evaluasi sebanyak 9 soal. Analisis data dilakukan melalui suatu proses dan hasil akhir. Hasil penelitian menunjukkan: Hasil dari penilaian kompetensi sikap didapat sebanyak 20 siswa memberikan hasil yang baik, pada kompetensi pengetahuan siswa didapatkan 18 siswa lulus dan 3 siswa tidak lulus KKM, dan pada penilaian kompetensi pengetahuan 3 siswa kurang dan 17 siswa baik. Dalam hal ini peran guru sangat dibutuhkan untuk proses pembelajaran berlangsung pada penilaian autentik ini.} }