@thesis{thesis, author={YUSUF M. RIDWAN}, title ={PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS DI SD NEGERI KELORARUM II KECAMATAN TIKUNG KABUPATEN LAMONGAN}, year={2014}, url={https://eprints.umm.ac.id/27003/}, abstract={Dari hasil pengamatan awal pada pembelajaran IPA materi konduktor dan isolator panas menunjukan bahwa guru belum menggunakan metode pembelajaran yang membuat siswa banyak beraktifitas. Ini terlihat masih rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, dan hasil belajarnya pun rendah, terutama hasil belajar terhadap mata pelajaran IPA. Untuk itu, peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan judul ”Penerapan metode eksperimen dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada pelajaran ilmu pengetahuan alam materi konduktor dan isolator panas di SD Negeri Kelorarum II kecamatan Tikung kabupaten Lamongan”. Penelitian Tindakan Kelas ini mencoba menggunakan metode eksperimen dengan alasan bahwa secara teori metode ini menjadikan siswa banyak beraktifitas dalam pembelajaran. Dengan menggunakan metode eksperimen ini diharapkan pula siswa menjadi lebih senang, antusias dalam belajar dan motivasi siswa dalam belajarpun bertambah, sehingga mereka lebih mudah memahami materi, siswa dapat dengan mudah memahami dan menerapkan dalam kehidupan sehari- hari konsep pembelajaran IPA di sekolah dan hasil prestasi belajarnya pun meningkat. Pada Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk mengetahui keaktifan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen diadakan observasi dan penilaian setiap siklusnya dengan memberikan lembar tes formatif, terlihat pada akhir pelaksanaan tindakan di setiap siklus tampak ada peningkatan hasil belajar dari rata-rata nilai 45 pada pra PTK menjadi 72 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 79 nilai rata-rata pada siklus II, terlihat pada siklus II siswa dapat belajar dengan maksimal dan motivasi belajar siswapun bertambah, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui metode eksperimen siswa menjadi lebih senang, antusias dalam belajar dan motivasi siswa dalam belajarpun bertambah, sehingga mereka lebih mudah memahami materi dan dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA. Kata Kunci : Metode Eksperimen, IPA, Meningkatkan Hasil Belajar} }