@thesis{thesis, author={Robiatutsaniyah Iib}, title ={Pesan Dakwah Dalam Program Televisi (Analisi Isi Pesan Pada Program Chatting Dengan YM di ANTV)}, year={2013}, url={http://eprints.umm.ac.id/27080/}, abstract={Hadirnya televisi ditengah-tengah kehidupan masyarakat Indonesia terbukti telah membawa dampak yang sangat signifikan dalam perkembangannya. Atas nama keterbukaan informasi media televisi seringkali membawa pengaruh juga dampak bagi perkembangan generasi muda, dampak baik juga buruknya. Menurut sebagian orang televisi menjadi alat yang tepat untuk menyebarkan dakwah, karena seperti yang kita ketahui penyebaran dakwah sendiri saat ini mendapat porsi yang cukup bagus dalam media. Tentunya hal ini menjadi sebuah terobosan yang menarik dalam strategi berdakwah. Program acara Chatting dengan YM di ANTV merupakan salah satu acara dakwah di televisi, acara ini dikemas dalam bentuk talkshow dengan menghadirkan bintang tamu yang mempunyai pengalaman langsung dengan tema yang sedang dibahas pada episode tersebut. Sesuai dengan nama programnya, acara ini dipandu langsung oleh Ustadz Yusuf Mansur sebagai narasumber juga host dan Denny Cagur sebagai co host. Yusuf Mansur merupakn ustadz muda dengan metode ceramah yang santai juga dengan mengusung konsep matematika sedekah serta metode menghafal Al-qurÂ’an one day ono ayat (ODOA). Maksud dari penelitian ini adalah untuk menkaji juga mengurai lebih dalam lagi mengenai isi dari pesan dakwah yang disampaikan dan berapa frekuensi kemunculan pesan ersebut dalam program acara Chatting dengan YM di ANTV. Merujuk pada teori Dennis McQuail (1987) memberikan beberapa teori komunikasi massa dan salah satunya yakni teori normatif, teori ini berbunyi bagaimana seharusnya media berperan ketika serangkaian nilai sosial ingin diterapkan dan dicapai sesuai dengan sifat dasar nilai-nilai sosial tersebut Berlandaskan teori tersebut, maka peran media menjadi sangat penting kaitannya dalam hal ini untuk dapat menjadi alat dalam menyampaikan nilai-nilai yang terkandung dalam pesan dakwah sehingga sifat dasar dari nilai keagamaan tersebut dapat ditangkap dan di pahami oleh masyarakat sesuai Al QurÂ’an dan Hadist. Peneliti menggunakan metode penelitian analisi isi dengan pendekatan kuantitatif dimana statistik sebagai alat analisisnya. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah peneliti dalam membuat kesimpulan secara ringkas dan objektif. Penelitian ini menggunakan alat analisis berupa coding sheet yang dibantu oleh dua pengkoder dimana data dikumpulkan melalui lembar coding yang dibuat berdasarkan kategori yang telah ditetapkan pada tahap pembuatan alat ukur. Adapun ruang lingkup dari penelitian ini adalah acara Chatting Dengan YM di ANTV selama bulan Oktober 2012. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa program acara Chatting dengan YM merupakan program acara talk show religi yang lebih cenderung mengajarkan tentang maslah ketauhidan, yang dibingkai melalui anjuran memperbanyak ibadah serta membiasakan berakhlak mulia. Yang lebih banyak menerangkan atau menjelaskan tentang masalah ibadah dan akhlak mulia. Hal ini dapat dilihat dari hasil tabulasi frekuensi dimana kategori ibadah dan akhlak mulia memiliki tingkat frekuensi yang hampir sama, yaitu masing-masing 44 dan 43 kali.} }