@thesis{thesis, author={NURMASARI VARICHA}, title ={MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG NILAI TEMPAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS II SDN SUKAJERUK I KECAMATAN MASALEMBU KABUPATEN SUMENEP}, year={2013}, url={https://eprints.umm.ac.id/27169/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi ”nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan”. Setelah diadakan evaluasi diperoleh hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Sembilan belas siswa di kelas II hanya 6 siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi sebesar 75% ke atas. Permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan merubah model pembelajaran yang biasa dipakai guru yaitu dengan model pembelajaran dengan melalui metode demonstrasi, dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa nantinya. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas II pada pelajaran matematika tentang nilai tempat di SDN Sukajeruk 1 Kecamatan Masalembu Kabupaten Sumenep? 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan nilai tempat pada siswa kelas II SDN Sukajeruk I Kecamatan Masalembu Kabupaten Sumenep? Sesuai dengan rumusan penelitian, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas II tentang nilai tempat di SDN Sukajeruk 1 Kecamatan Masalembu Kabupaten Sumenep. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika pokok bahasan nilai tempat pada siswa kelas II SDN Sukajeruk I Kecamatan Masalembu Kabupaten Sumenep. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Selama penelitian berlangsung, peneliti di bantu oleh teman sejawat untuk memonitoring jalannya penelitian dan membantu memberikan saran dan petunjuk untuk perbaikan. Hasil perbaikan siklus I masih kurang dari kriteria ketuntasan. Pada siklus II siswa sudah ada perkembangan, lebih aktif, cepat tanggap dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan tuntas. Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran siklus I sampai dengan siklus II menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami nilai tempat dengan metode demonstrasi secara keseluruhan hasil perbaikan menunjukkan hasil yang maksimal. Kata kunci: Pemahaman, hasil belajar dan metode demonstrasi} }