@thesis{thesis, author={NDARUTAMI WANDA}, title ={NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS IV SD}, year={2013}, url={https://eprints.umm.ac.id/27569/}, abstract={Pembimbing: (1) Drs. Sudjalil, M. Si., M.Pd (2) Dra. Daroe Iswatiningsih, M. Si. Buku teks bahasa Indonesia dengan bahasa yang lugas dan sesuai dengan cerita kehidupan, mengandung banyak pesan yang bisa mewakili dan menanamkan pada siswa untuk memiliki nilai pendidikan karakter. Banyaknya bentuk kebahasaan yang mengandung nilai pendidikan karakter tak banyak disadari oleh pengajar, sehingga pada pencapaiannya kurang dapat diterapkan pada siswa. Kelas IV termasuk usia pendidikan dasar, yang pada fase ini sekolah memberikan pengaruh penting terhadap pembentukan akal budi. Permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai pendidikaan karakter yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas IV SD penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional dan penerbit Erlangga. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat pada buku teks bahasa Indonesia kelas IV SD, agar pengajar dapat lebih memberi penekanan pada kalimat yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter sebagai media pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Nilai pendidikan karakter yang akan dideskripsikan dalam penelitian ini yakni yang berupa bentuk-bentuk kebahasaan yang mengandung nilai-nilai karakter untuk kelas IV SD. Teknik dalam penelitian ini berupa teknik pustaka, dan catat, sedangkan teknik untuk menganalisis nilai pendidikan karakter yaitu pengecekan, kodefikasi dan klasifikasi. Berdasarkan permasalahan yang ada, hasil penelitian ini yaitu dari kedua buku teks bahasa Indonesia terdapat 15 wujud nilai pendidikan karakter pada kalimat materi dan petunjuk yaitu; religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat atau komunikatif, gemar membaca, peduli sosial dan peduli lingkungan. Nilai pendidikan karakter dalam kedua buku teks bahasa Indonesia sangat relevan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam buku teks tersebut memuat suatu tatanan nilai mengenai hubungan manusia dengan manusia, antara anak dengan orang tuanya, maupun hubungan individu dalam masyarakat yang ditunjukkan dengan baik.} }