@thesis{thesis, author={NURSIDA EVA}, title ={ANALISIS BENTUK DUKUNGAN SOSIAL DOSEN KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG TERHADAP LAYANAN MATAHARI HOMECARE}, year={2013}, url={https://eprints.umm.ac.id/28436/}, abstract={Latar belakang: Jenis pelayanan di rumah sakit secara umum dibagi menjadi dua yaitu berupa pelayanan rawat inap dan rawat jalan. Pasien pada umumnya sering mengutarakan tentang keluhan pelayanan di rumah sakit. Oleh karena itu kebutuhan kesehatan masyarakat di Indonesia meningkat apalagi dengan meningakatnya penyakit kronis dan banyaknya populasi lansia menjadi sesuai bila perawatan yang dilakukan selanjutnya adalah berbasis homecare. Dalam meningkatkan pelayanan homecare maka di butuhkan mahasiswa untuk membawa perubahan pada pelayanan homecare di masa mendatang. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian dekkriptif analitik dengan pendekatan metode cross sectional yang meneliti hubungan antara variabel. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2012 di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang. Subyek penelitian adalah dosen keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan, jumlah sampel sebanyak 21 orang yang diambil dengan metode simple random sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel independen (Dukungan Sosial Dosen Keperawatan) dan variabel dependen (Layanan Matahari Home Care) yang dikumpulkan dengan menggunakan alat ukur kuisioner. Uji yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji statistik non parametris menggunakan uji schi-square dengan tarap signifikan 5%. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata dosen keperawatan mempunyai dukungan emosional yang tinggi dan siap, 14 responden ( 85,7%) mempunyai dukungan informasi tinggi dan siap, 11 responden (84,6%) mempunyai dukungan instrumental tinggi dan siap 15 responden (83,3%) mempunyai dukungan penghargaan tinggi. Sedangkan untuk layanan matahari home care sebagian besar responden yaitu 89 responden (94,7%) mempunyai persepsi bahwa layanan home care dalam kategori tinggi. Terdapat hubungan antara dukungan emosional terhadap layanan matahari home care dengan nilai p=0,008 (p<0,05).Tidak ada pengaruh antara dukungan informasional terhadap layanan matahari home care dengan nilai p=0,786 (p<0,05). Tidak terdapat hubungan antara dukungan Instrumental terhadap layanan matahari home care dengan nilai p=0,445 (p<0,05). Tidak ada pengaruh antara dukungan penghargaan terhadap layanan matahari home care dengan nilai p=0,271(p<0,05). Kesimpulan: Ada hubungan antara dukungan mahasiswa terhadap pelayanan matahari home care} }