@thesis{thesis, author={WAHYUNINGSIH SRI}, title ={IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK NEGERI TUTUR KABUPATEN PASURUAN}, year={2013}, url={https://eprints.umm.ac.id/28687/}, abstract={Persoalan krisis karakter sudah begitu memprihatinkan. Upaya pendidikan karakter perlu segera di implementasikan di satuan pendidikan menjadi budaya dan mampu mewarnai iklim pendidikan secara menyeluruh. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan tentang (1) kebijakan pendidikan karakter di SMK Negeri Tutur, (2) implementasi kebijakan pendidikan karakter di SMK Negeri Tutur Kabupaten Pasuruan, (3) faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan pendidikan karakter di SMK Negeri Tutur, (4) solusi yang dapat dilakukan agar implementasi kebijakan pendidikan karakter di SMK negeri Tutur berjalan dan berhasil dengan baik. Penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif ini berlokasi di SMK Negeri Tutur. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan telaah dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Uji keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi sumber dan metode juga dilakukan member check. Analisis data dilakukan menurut teknik Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kebijakan pendidikan karakter di SMK Negeri Tutur berupa visi dan misi sekolah juga tercantum dalam surat keputusan Kepala UPT SMK Negeri Tutur Nomor: 421/299.1/424.051.02.05/2011 tentang Pelaksanaan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (2) implementasi kebijakan pendidikan karakter di SMK Negeri tutur diterapkan dan dikembangkan dengan cara mengintegrasikan kedalam semua mata pelajaran, melalui kegiatan ekstrakurikuler, pembiasaan dalam kegiatan sehari-hari serta melalui keteladanan guru dan karyawan. Pendidikan karakter di SMK Negeri Tutur dilaksanakan dalam rangka membentuk budaya sekolah dan menguatkan karakter peserta didik sekaligus mewujudkan visi dan misi serta tujuan sekolah (3) faktor pendukung imlementasi kebijakan pendidikan karakter antara lain : visi dan misi sekolah yang mengandung nilai-nilai karakter, peran serta seluruh warga sekolah dan peran serta masyarakat dan komite sekolah, sedangkan faktor penghambatnya antara lain kurangnya peran orang tua, adanya pengaruh pergaulan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi serta masih adanya guru yang kurang disiplin (4) Solusi yang dilakukan agar implementasi kebijakan pendidikan karakter berjalan lancar dan berhasil baik antara lain meningkatkan kerjasama dengan orang tua, meningkatkan kegiatan kesiswaan di sekolah dan meningkatkan disiplin guru.} }