@thesis{thesis, author={ }, title ={PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG RANGKA MANUSIA MELALUI METODE PERAGAAN LANGSUNG DI KELAS IV SDN PULOGEDANG 2 KECAMATAN TEMBELANG KABUPATEN JOMBANG}, year={2012}, url={http://eprints.umm.ac.id/29087/}, abstract={Wury Anggraeni Peningkatan pemahaman tentang rangka manusia dengan metode peragaan langsung pada siswa kelas IV SDN Pulogedang 2 Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang Inti kegiatan pembelajaran adalah terjadinya proses pada diri siswa dan terjadinya interaksi siswa dan guru. Namun demikian, semua itu bisa tercipta manakala guru dapat menciptakan suasana belajar yang baik dengan strategi pembelajaran yang tepat. Pengembangan strategi pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan media pembelajaran yang menarik sehingga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah metode peragaan langsung mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang rangka manusia dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas IV SDN Pulogedang 2 Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang tahun pelajaran 2011/2012. Dalam penelitian ini siswa diberi pembelajaran tentang susunan dan fungsi rangka melalui metode peragaan langsung dengan menggunakan alat peraga gambar. Pemahaman siswa terhadap pelajaran diukur berdasarkan skor tes setiap siklus yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai evaluasi pada siklus I dan siklus II. Nilai evaluasi pada siklus I yaitu siswa yang mendapat nilai diatas 60 sebanyak 50% sedangkan yang mendapat nilai di bawah 60 sebanyak 50% dengan nilai rata-rata 57. Pada siklus II, nilai evaluasi siswa yang mendapat nilai di atas 70 sebanyak 18 siswa dengan prosentase 90% sedangkan siswa yang mendapat nilai di bawah 70 sebanyak 2 siswa dengan prosentase 10% . Sehingga diperoleh nilai rata-rata post tes siklus II sebesar 78. Dari hasil ini bisa disimpulkan bahwa metode peragaan langsung dan penggunaan alat peraga gambar dalam pembelajaran IPA mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang rangka manusia. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru IPA untuk digunakan sebagai acuan dalam usaha meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep IPA melalui metode peragaan langsung dan penggunaan alat peraga gambar. Peneliti menyarankan hendaknya hasil penelitian ini dapat digunakan pelengkap untuk penelitian dan pengembangan lebih lanjut dengan fokus penelitian yang sama.} }