@thesis{thesis, author={ }, title ={PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV B SDN PURWANTORO 2 MALANG}, year={2013}, url={http://eprints.umm.ac.id/29200/}, abstract={Masalah yang dihadapi oleh guru bidang studi PKn kelas IV B SDN Purwantoro 2 Malang adalah hasil belajara siswa di bawah KKM 67. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya siswa yang kurang memperhatikan pada saat guru menjelaskan materi, tidak konsenterasi, sulit memahami penjelasan dari guru. Beberapa faktor tersebut menyebabkan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Setelah ditemukan masalah penulis berkolaborasi dengan guru kelas ingin meningkatkan hasil belajar siswadengan menerapkan pembelajaran kooperatif melalui metode Everyone Is Teacher Here. Metode ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan menjadi guru bagi teman-temannya,melatih komunikasi siswa, memberi kesempatan kepada siswa untuk membuat pertanyaan dan mengemukakannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi pada latar penelitian (kelas). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Dalam penelitian tindakan kelas, yang menjadi salah satu karakteristiknya adalah penelitian dilakukan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri atas: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil refleksi digunakan sebagai dasar untuk perbaikan proses dan hasil pembelajaran pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode everyone is teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan. Nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 77% sedangkan pada siklus ke II hasil belajar siswa mencapai 94%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa metode everyone is teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal lembaga-lembaga dalam sususnan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.} }