@thesis{thesis, author={Islamiyah Medina Nurul}, title ={PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI TK AL-GHONIYA MALANG}, year={2012}, url={https://eprints.umm.ac.id/30002/}, abstract={Pembimbing : (1) Dra. Siti Suminarti F, M.si (2) NiÂ’matuzahroh, S.Psi, M.si Peran guru dalam penanaman nilai agama adalah cara guru menanamkan atau membiasakan nilai agama yang terdiri dari nilai akhlak, nilai aqidah dan ibadah syariah yang bersumber pada ajaran agama islam. Mengapa peneliti mengambil subjek penelitian guru karena dianggap guru sebagai suri tauladan bagi anak dan guru diharapkan dapat memberikan ilmu tentang nilai agama bagi anak agar anak tidak salah memasuki pergaulan yang semakin membawa dampak negative bagi anak. Seiring berkembangnya zaman banyak permasalahan moral yang terkait dengan kenakalan remaja hal ini menarik untuk diteliti karena salah satu faktor kenakalan remaja adalah kurangnya pemahaman serta pengenalan ilmu agama pada anak sedini mungkin. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan data-data yang diperoleh baik itu berupa bahasa ataupun tulisan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu membandingkan dan mengecek balik informasi yang didapat dari subjek dengan informan lain yang memiliki hubungan dekat dengan subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai yang dilakukan oleh guru di TK Al-Ghoniya menggunakan kegiatan pembiasaan, tauladan dan spontanitas dengan nilai-nilai yang diajarkan meliputi nilai akhlak, nilai aqidah dan ibadah syariah yang diberikan setiap hari dan terus menerus dengan menggunakan metode yang beragam seperti bercerita, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab, sosio drama dan terkadang anak melakukan kegiatan karya wisata.} }