@thesis{thesis, author={Nofarina Fifin}, title ={STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA SDIT (SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU) IBNU HAJAR KOTA BATU}, year={2012}, url={https://eprints.umm.ac.id/30244/}, abstract={Di SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) Ibnu Hajar telah dilaksanakan upaya internalisasi nilai-nilai Islam melalui beberapa strategi, sehingga di dalamnya tercipta keseharian yang religius dan menyejukkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi SDIT Ibnu Hajar Kota Batu, dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam di lingkungan sekolah. Selain itu juga mendeskripsikan pengaruh pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Islam di sekolah tersebut terhadap pembentukan akhlak para siswanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif (karena peneliti juga sebagai guru di tempat penelitian), wawancara dengan Kepala SDIT Ibnu Hajar dan bebepara rekan guru, dokumentasi dan angket yang diberikan kepada wali murid (sebagai responden yang akan mengungkapkan tentang pengaruh internalisasi nilai-nilai Islam yang berjalan di sekolah terhadap pembentukan akhlak para siswanya). Dan analisis data di sini menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi SDIT Ibnu Hajar dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam di lingkungan sekolah, ditempuh melalui serangkaian kegiatan yaitu: pembiasaan pengamalan nilai-nilai Islam yang dilaksanakan secara terjadwal dan terintegrasi dalam pembelajaran, papan reminder motivasi, memberikan reward dan punishment, dan adanya guru yang memberikan contoh nyata pelaksana nilai-nilai Islam yang mulia. Dan diketahui pula bahwa pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Islam di SDIT Ibnu Hajar memberi pengaruh terhadap pembentukan akhlak para siswanya.} }