@thesis{thesis, author={FATIMATUZZAHRO NURUL}, title ={PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI JUAL BELI DI LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS III SDN SENDEN JOMBANG}, year={2011}, url={http://eprints.umm.ac.id/31078/}, abstract={Dalam penelitian ini berlatar belakang rendahnya prestasi siswa dalam pembelajaran IPS karena rendahnya pemahaman siswa terutama dalam materi jual beli karena cakupan materinya luas hal ini disebabkan oleh ketidakefektifan pendekatan, metode pembelajaran, tidak digunakan media, maupun kemampuan guru dalam merancang pembelajaran yang kurang menarik, kurang mengaktifkan peserta didik, kurang memberikan motivasi untuk belajar dan terkesan membosankan. Dengan adanya ketidak efektifan proses pembelajaran tersebut, maka rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan permainan monopoli dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tentang kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah pada pelajaran IPS siswa kelas kelas III SDN Senden Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan pemahaman siswa pada konsep jual beli dengan menggunakan permainan monopoli pada siswa kelas III SDN Senden. Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini dilakukan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) melalui tahapan : studi pendahuluan, Siklus I, Siklus II dengan alur kegiatan : ( 1) identifikasi masalah, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan tindakan disertai observasi dan pengumpulan data (4) analisis dan refleksi serta perencanaan tindak lanjut Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media menggunakan permainan monopoli dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam materi jual beli karena desain permainan yang menyenangkan bagi siswa sehingga membuat kegiatan pembelajaran yang bermakna. Dalam pelaksanan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan permainan monopoli dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam materi jual beli. Hasil penelitian ini sangat dimungkinkan di terapkan di kelas III sekolah lain jika kondisinya relatif sama atau mirip dengan latar penelitian ini.} }