@thesis{thesis, author={FAQIH M GHUFRON}, title ={INTEGRASI SWOT DAN AHP DALAM PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN KERIPIK SINGKONG MERK DUA SAUDARA}, year={2016}, url={https://eprints.umm.ac.id/33871/}, abstract={UD. Dua Saudara merupakan industri yang bergerak di bidang manufaktur penghasil makanan kripik singkong. Perusahaan ini masih mengalami permasalahan dalam pemasaran produk. Tujuan penelitian ini yaitu untuk merumuskan strategi pemasaran keripik singkong sehingga dapat menjadi pertimbangan perusahaan untuk meningkatkan penjualan keripik singkong. Perumusan strategi pemasaran ada tiga tahap yaitu tahap pengumpulan data, analisis, dan pengambilan keputusan. Pada tahap pengumpulan data dilakukan identifikasi faktor eksternal dan internal, penentuan bobot dan rating faktor eksternal dan internal, dan penyusunan matrik EFAS dan IFAS. Pada tahap analisis dilakukan perumusan strategi dengan menggunakan matriks SWOT dan AHP. Tahap terakhir yaitu tahap pengambilan keputusan dan menentukan prioritas strategi yang harus dijalankan perusahaan. Adapun prioritas strategi yang harus dilakukan UD. Dua Saudara yaitu peningkatan penjualan produk yang dapat dijadikan prioritas agar dapat memenuhi permintaan dan menghadapi persaingan dalam produksi keripik singkong, mendistribusikan produk keripik singkong ke daerah baru untuk menarik pelanggan, dan melakukan promosi melalui media cetak dan elektronik agar dapat bersaing dengan industri lainnya.} }