@thesis{thesis, author={IRAWAN DEDI}, title ={ANALISIS KEGIATAN BINA DIRI DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK AUTIS DI SDN PANDANWANGI 3 MALANG}, year={2016}, url={https://eprints.umm.ac.id/34597/}, abstract={Keyword : kegiatan bina diri, meningkatkan, kemandirian, autis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal di sekolah inklusif yang dilakukan oleh peneliti yang menemukan bahwa di Sekolah Dasar Negeri Pandanwangi 3 Malang terdapat siswa autis yang masih kurang dalam kemandiriannya, namun guru pendamping khusus berupaya meningkatkan kemandirian siswa autis dengan memberikan kegiatan bina diri bagi anak autis agar memiliki kemandirian dalam mengerjakan kegiatan sehari-hari yang sederhana tanpa bantuan orang lain. Kegiatan bina diri yang diajarkan dibagi menjadi tiga yaitu: kegiatan dalam hal mekan dengan menggunakan sendok, memakai sepatu, dan buang air kecil di toilet. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk meneliti terkait kegiatan bina diri anak autis untuk mengetahui bagaimana kemandirian anak autis sebelum dan sesudah mendapatkan kegiatan bina diri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Instrumen penelitian: observasi, wawancara (data primer) dan dokumentasi (data sekunder). Data primer diperoleh dari observasi dan wawancara, data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Kegiatan analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, validitas yang tinggi digunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian menggambarkan proses kegiatan bina diri yang diajarkan kepada anak autis guna meningkatkan kemandirian anak. Berdasarkan proses analisis pada kegiatan bina diri tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui kegiatan bina diri yang diajarkan mampu meningkatkan kemandirian anak autis.} }