@thesis{thesis, author={Putri Olivia Karuniant}, title ={DEKONSTRUKSI NILAI PEREMPUAN INDIA DALAM FILM BOLLYWOOD (Analisis Semiotika dalam Film Ki and Ka Karya R. Balki)}, year={2017}, url={https://eprints.umm.ac.id/35424/}, abstract={Film merupakan medium audio dan visual yang telah ditetapkan sebagai industri bisnis terbesar, salah satunya adalah industri perfilman Bollywood. Film-film yang diproduksi selalu mengedepankan tentang pesan cinta, kejahatan dan koflik kelas, sehingga berimbas pada penggambaran perempuan dalam film yang sering ditampilkan sebagai gender lebih rendah dibandingkan laki-laki. Hal tersebut sesuai dengan perempuan ideal menurut perfilman Bollywood. Berbeda dengan film Ki and Ka garapan R. Balki, yang berani untuk menampilkan perempuan lebih unggul dibandingkan laki-laki baik dalam ranah publik maupun domestik. Secara garis besar film ini berusaha untuk mendekonstruksi (menghancurkan) nilai perempuan India yang masih kental pada budaya patriarkhi. Pada umumnya film dibangun dengan banyak tanda yang akan bekerjasama dengan baik dalam mencapai efek yang diharapkan, melalui berbagai bentuk simbol film memberikan kode pesan yang ingin disampaikan, yang dikenal dengan semiotika. Semiotika merupakan metode yang dalam analisisnya menggunakan pendekatan dan tipe kualitatif interpretatif. fokus penelitian ini, untuk mengetahui makna nilai perempuan India yang didekonstruksikan dalam film, dengan menggunakan semiotika Roland Barthes dan teori dekontruksi Jacques Derrida. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peniliti menarik kesimpulan bahwa perempuan dalam film ini telah menjadi pemimpin dan lebih dominan dengan dapat semena-mena terhadap laki-laki, sehingga perempuan ditampilkan sebagai sosok yang mempunyai kebebasan penuh atas dirinya sendiri. Dengan demikian, dekonstruksi nilai perempuan India tersebut melahirkan mitos baru dalam perfilman Bollywood yang tidak lagi konsisten pada tradisinya dalam menampilkan perempuan ideal, berasal dari dharma sastra Hindu.} }