@thesis{thesis, author={ERLANGGONO WIJANG}, title ={STARTEGI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SDN JATIMULYO 1 MALANG}, year={2017}, url={https://eprints.umm.ac.id/35528/}, abstract={Pembina pramuka dan guru pendamping berperan penting dalam pembentukan karakter siswa untuk menjadikan sikap yang negatif berubah menjadi baik. Tujuan penelitian ini (1) mengetahui pelaksnaan pembentukan karakter, (2) menjelaskan kendala dalam pelaksanaan pembentukan karakter, (3) menjelaskan solusi dalam pelaksanaan pembentukan karakter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif, penelitian dilakukan di SDN Jatimulyo 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, keabsahan data digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi data. Analisis data dilakukan diantaranya (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) verivikasi data. Hasil penelitian ini yaitu : (1) pelaksanaan pembentukan karakter yang dilakukan oleh guru pendamping dan Pembina pramuka telah dilaksanakan dengan baik, dengan bergantian kegiatan setiap minggu sangat efektif dan karakter banyak yang muncul (2) kendala antusias belum bisa mencapai 100%, hambatan yang lain, kondisi cuaca, siswa belum patuh pada ketika kegiatan akan dimulai,dan siswa tidak patuh dengan pembina pramuka dan guru pendamping (3) upaya yang dilakukan oleh guru pendamping dengan mengintruksikan siswa agar ikut ekstrakurikuler pramuka dan tidak pulang ketika hujan sehingga bisa mengikuti kegiatan.} }