@thesis{thesis, author={EGRADINI AMELIA ERA}, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG}, year={2007}, url={https://eprints.umm.ac.id/5892/}, abstract={Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya hasil peserta didik, salah satunya adalah ketidaktepatan penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru di kelas. Kenyataan menunjukkan bahwa selama ini kebanyakan guru menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional dan banyak didominasi guru (Abbas, 2000:2). Pola pembelajaran seperti ini harus diubah dengan cara menggiring peserta didik mencari ilmunya sendiri. Dengan kata lain diharapkan guru dapat mengembangkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan mengembangkan, menemukan, menjelaskan dan mengevaluasi hasil peserta didik sendiri. Karena, model pembelajaran dapat mempengaruhi motivasi dan prestasi belajar siswa. Sehingga menuntut kerja keras guru dalam meningkatkan kemampuan dalam memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai. Learning cycle merupakan salah satu model pembelajaran dengan pendekatan kontruktivis. Sebagai model pembelajaran Kontruktivistik, Learning cycle menempatkan siswa sebagai pusat perhatian utama dalam kegiatan pembelajaran melalui tahapan-tahapannya, siswa diberikan kesempatan secara aktif dan terus menerus membangun sendiri pengetahuannya secara personal maupun sosial sehingga terjadi perubahan konsep menjadi lebih rinci dan lengkap. Menurut (Arindawati: 2004) penggunaan Learning cycle dapat mewujudkan keteraturan dalam proses pembelajaran sehingga siswa mudah memahami suatu konsep serta lebih mengaktifkan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implementasi model pembelajaran Learning Cycle dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP kelas VII dan mendeskripsikan ketuntasan belajar siswa, khususnya pokok bahasan Aljabar. penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. Jenis penelitianya bersifat deskriptif,dengan pendekatan kualitatif. yang menjadi subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B, yang berjumlah 29 orang di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik pengumpulan data dilakukan pada tanggal 2 oktober- 2 desember 2006. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif antara lain dilakukan pada kegiatan pembelajaran, dan observasi. Apabila data telah terkumpul, lalu diklasifikasikan menjadi data kualitatif untuk memperoleh kesimpulan. Untuk ketuntasan belajar,dengan tes akhir yang telah diikuti oleh 29 siswa diperoleh prosentase ketuntasan belajar sebesar 75,86% yang artinya bahwa telah mencapai ketuntasan klasikal atau sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan yaitu telah mencapai lebih dari 75%, sedangkan ketuntasan individu belum tercapai karena nilai tes akhir yang dicapai masih ada yang dibawah kriteria yaitu nilainya ada yang kurang dari 75.} }