@thesis{thesis, author={Pratiwi Merisha}, title ={PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA KELAS X}, year={2021}, url={https://eprints.ummetro.ac.id/1025/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan LKPD berbasis collaborative learning, untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan mengembangkan kurikulum saat ini dengan menekankan aspek mulai dari kognitif, afektif dan psikomotorik, serta untuk mengetahui seberapa besar keterampilan proses sains yang di capai oleh peserta didik melalui LKPD berbasis collaborative learning. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Desain pengembagan menggunakan R&D. uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penilaian yang telah dilakukan pada lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis Collaborative Learning (CL) untuk meningkatkan keterampilan proses sainspada pokok bahasan materi Fungi/Jamur yang dikembangkan mendapatkan kriteria “sangat layak” untuk digunakan sebagai bahan ajar dan diterapkan dalam pembelajaran, dibuktikan dengan nilai persentase total 85% (sangat layak) oleh ahli materi dan nilai persentase total 84,3% (sangat layak) oleh ahli desain. Berdasarkan nilai-nilai persentase total yang telah diberikan oleh ahli validator disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan yaitu berbasis Collaborative Learning (CL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains sangat layak digunakan.} }