@thesis{thesis, author={Malinda Anis Sekar}, title ={PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) PADA MATERI JAMUR DI SMA KELAS X}, year={2021}, url={https://eprints.ummetro.ac.id/1045/}, abstract={Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk bahan ajar berupa modul biologi yang berbasis model pembelajaran POGIL (Process Orientation Guided Inquiry Learning) pada materi jamur yang dirancang untuk digunakan pada kelas X IPA SMA. Metode pengembangan modul ini adalah model Thiagarajan (4-D) yang mempunyai tahapan define, design, development dan disseminate, tetapi pada pengembangan modul ini hanya sampai tahap development. Hasil dari pengembangan modul biologi berbasis model pembelajaran POGIL dari validasi ahli desain diperoleh persentase 87%. Hasil validasi ahli materi diperoleh 94% dan hasil uji coba peserta didik diperoleh 90%. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa ketiga uji mendapatkan kategori ?Sangat Baik? sehingga modul ini layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar tambahan pada pembelajaran materi jamur di sekolah.} }