@thesis{thesis, author={Fadilah Siti}, title ={PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI MATERI EVOLUSI KELAS XII TIPE SOAL HOTS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)}, year={2021}, url={https://eprints.ummetro.ac.id/1085/}, abstract={Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan 4-D terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu define, design, development, dan desseminate atau yang dapat diadaptasikan menjadi model 4-P, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. uji ahli desain didapatkan nilai persentase yaitu 73,33% dengan kriteria ?baik?. ?. Ahli materi didapatkan nilai persentase yaitu 71% dengan kriteria ?baik?. Ahli bahasa didapatkan nilai persentase yaitu 80% dengan kriteria ?baik?. Uji coba terbatas yang diterapkan dengan melihat keterbacaan peserta didik dari modul yang dikembangkan, adapun hasil persentase sebesar 83,8%. Produk dikatakan valid. Modul pembelajaran materi evolusi yang dikembangkan telah layak digunakan dalam pembelajaran.} }