@thesis{thesis, author={wasilah alintani zuhrotil}, title ={PENGARUH HARGA, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA JASA LAUNDRY HAPPY WASH 21 DI METRO LAMPUNG}, year={2021}, url={https://eprints.ummetro.ac.id/1136/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi dan pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah jasa Laundry Happy Wash 21 yang berlokasi di jalan Tengger No. 11 Yosorejo Metro Timur, Kota Metro, Lampung. Dalam setiap kegiatan usaha, pada dasarnya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal guna mempertahankan keberadaan perusahaan di tengah persaingan. Fungsi laundry sendiri antara lain melaksanakan pencucian laundry (cara pencucian atas bahan/pakaian dengan mempergunakan air) dan dry cleaning (cara pencucian atas bahan/pakaian dengan mempergunakan bahan kimia/solvent) atas semua bahan/pakaian yang dicucikan. Demikian pula dengan laundry happy wash yang lebih berorientasi pada upaya untuk mengarahkan konsumen maupun calon konsumen untuk berminat menggunakan jasa laundry. Jumlah populasi sebanyak 65 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan SPSS 25 dan 20 meliputi uji persyaratan instrument uji persyaratan analisis, uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen, variabel lokasi berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan variabel pelayanan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan secara uji simultan harga, lokasi dan pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Sehingga perhitungan tersebut dapat di simpulkan bahwa variabel independen berpengaruh secara simuItan berpengaruh dan signifikan variabel dependen.} }