@thesis{thesis, author={septiawati evi}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X DI SMAN 01 MERAKSA AJI TAHUN PELAJARAN 2020/2021}, year={2020}, url={https://eprints.ummetro.ac.id/1290/}, abstract={Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa hasil pengumpulan data dalam penelitian dari 26 peserta didik yang diberikan perlakuan (treatment) menggunakan media pembelajaran discovery learning Berbantu Mind Mapping terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X SMAN 01 MERAKSA AJI tahun pelajaran 2020/2021, peserta didik yang telah tuntas dalam pembelajaran ekonomi adalah sebanyak 26 peserta didik atau sebesar 82,40%. Sedangkan peserta didik yang belum tuntas adalah sebanyak 6 peserta didik atau sebesar 17,60%. Pada pengujian dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana diperoleh = 15,56, = 0,04 sehingga dengan demikian ? = + ? , adalah = 15,56 + 0,04 . Maka berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan terbukti bahwa ada pengaruh yang positif penggunaan media pembelajaran discovery learning berbantu mind mapping terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X IPS SMAN 01 Meraksa Aji tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan analisis data bahwa thitung > ttabel , pada taraf signifikan 5% yaitu 3,03 > 1,69. Dengan demikian ada respon yang positif peserta didik terkait penggunaan media pembelajaran discovery learning berbantu mind mapping terhadap hasil belajar ekonomi, maka dapat dikatakan bahwa hipotesisnya diterima.} }