@thesis{thesis, author={ASMARA RATIH NOVITA}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRIPT BERBASIS POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PUNGGUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020}, year={2020}, url={https://eprints.ummetro.ac.id/702/}, abstract={Model pembelajaran Cooperative Script adalah sebuah pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok. Selain itu, pembelajaran tersebut menuntut peserta didik untuk berlatih konsentrasi dan memahami materi yang telah dipelajari.. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu ?Masih banyak peserta didik yang belum mengalami ketuntasan belajar pada hasil belajar IPS peserta didik karena Komunikasi yang terjadi di kelas adalah komunikasi satu arah, yaitu guru kepada peserta didik sehingga menimbulkan rasa bosan bagi peserta didik, peserta didik juga tidak termotivasi dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Dari permasalahan tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian adalah "pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe script berbasis power point terhadap hasil belajar ips terpadu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur tahun pelajaran 2019/2020?. Berdasarkan rumusan masalah yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe script berbasis power point terhadap hasil belajar IPS terpadu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur tahun pelajaran 2019/2020?. Metode eksperimen dalam proses pembelajaran dikelas menggunakan metodeeksperimen Quasi Experimental Design jenis Nonequivalent Control Group design. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menggunakan rumus regresi linier sederhana diperoleh a = b = sehingga dengan demikianY = a + bX, adalah Y = + X. Kemudian, dari hasil analisis yang dilakukan maka terbukti bahwa ada pengaruh yang positif penggunaan model cooperative learning tipe script berbasis power point terhadap hasil belajar ips terpadu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur. Hal ini dibuktikan dengan penghitungan analisis data dapat diketahui bahwa nilai tersebut t hitung > t , dan terlihat bahwa pada taraf signifikan 5% yaitu 5,79 > 1,70. Dengan demikian maka hipotesis diterima yang berarti ada pengaruh yang positif penggunaan model cooperative learning tipe script berbasis power point terhadap hasil belajar ips terpadu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur tahun pelajaran 2019/2020?.} }