@thesis{thesis, author={NINGSIH ASTIA}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT BERBANTU MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU DI SMP NEGERI 2 BANJAR MARGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021}, year={2021}, url={https://eprints.ummetro.ac.id/752/}, abstract={Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Cooperative Learning Tipe TGT berbantu Media Question Box berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Banjar Margo Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil pra survei yang dilakukan di SMP Negeri 2 Banjar Margo diketahui permasalahan yang ada adalah peserta didik harus menyimak dan mencatat penjelasan dari guru yang menyebabkan jenuh dan banyak peserta didik yang belum tuntas dalam mata pelajaran IPS terpadu. Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe TGT adalah tim grup turnamen yang melibatkan semua anggota peserta didik. Model pembelajaran ini akan memunculkan kerja sama dan semangat berkompetisi antar kelompok. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design bentuk NonEquivalent Control Group Design. Hasil perhitungan pengujian menunjukan bahwa t hitung > t tabel dapat dilihat pada daftar G, pada taraf signifikan 10% yaitu 1,595 > 1,314 dengan demikian H o ditolak dan H a diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model Model Kooperatif Tipe TGT berbantu Media Question Box terhadap hasil belajar kelas VII B IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Banjar Margo. Dimana siswa yang dinyatakan tuntas KKM 75 setelah diberikan treatment sebanyak 21 atau 72,41 dan peserta didik yang dinyatakan belum tuntas sebanyak 8 atau 27,59%, maka dapat dikatakan proses pembelajaran tersebut berhasil.} }