@thesis{thesis, author={PURNAMA SARI ARI}, title ={PENGEMBANGAN MODUL MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBASIS QR CODE}, year={2021}, url={https://eprints.ummetro.ac.id/842/}, abstract={Tujuan dari penelitian pengembangan modul ini adalah untuk menghasilkan produk berupa modul yang menggunakan model pembelajaran problem based intruction yang berbasis QR Code. Penelitian pengembangan ini menggunakan jenis pengembangan 4D yang memiliki 4 tahapan yaitu define, design, develop, dessiminate. Pengembangan hanya melakukan sampai dengan tahapan develop. Produk yang dikembangkan pada pengembangan ini yaitu modul, modul telah melewati tahap validasi ahli desain dengan hasil 82,5% dengan kriteria ?baik?, validasi ahli materi dengan hasil 91,6% dengan kriteria ?sangat baik?, dan uji coba kelompok kecil dengan hasil 83,3% dengan kriteria ?baik?. Produk modul yang telah divalidasi dan dilakukan uji coba terhadap kelompok kecil dinyatakan dapat digunakan.} }