@thesis{thesis, author={YAHYA ASHURI}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI SMA/MA}, year={2021}, url={https://eprints.ummetro.ac.id/843/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media permainan edukasi berbasis android pada materi sistem pencernaan manusia yang layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan four-D. Adapun tahap-tahap yang dilakukan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media ini layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. Produk yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli materi yang mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,6 dan persentase nilai sebesar 91. Hasil validasi ahli materi menunjukkan produk sangat baik digunakan untuk pembelajaran. Produk yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli desain yang mendapatkan nilai rata-rata 4,6 dan persentase nilai sebesar 91. Hasil validasi ahli desain menyatakan produk sangat baik digunakan untuk pembelajaran. Uji coba dilakukan pada 15 orang peserta didik kelas XI di SMA Negeri 5 Metro yang dipilih secara acak. Rata-rata keseluruhan dari uji coba kelompok kecil sebesar 4,6 dan persentase nilai sebesar 92. Menunjukkan hasil bahwasanya produk sangat baik dan peserta didik sangat senang belajar menggunakan bahan ajar media permainan edukasi berbasis android.} }