@thesis{thesis, author={SAPUTRA RENDI}, title ={PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 METRO TAHUN PELAJARAN 2020/2021}, year={2021}, url={https://eprints.ummetro.ac.id/909/}, abstract={Kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika diharapkan dapat menumbuhkan dan mengembangkan pembelajaran matematika. Namun pada pembelajaran matematika yang terjadi di kelas VII SMP Negeri 4 Metro pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Selama proses pembelajaran siswa cenderung menghafal konsep yang diberikan. Persyaratan pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Pendekatan scaffolding berbasis problem solving diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan scaffolding lebih baik daripada pemahaman konsep matematika yang dibelajarkan oleh siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Metro. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda kepada dua kelas yang berbeda, berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika setelah diterapkan pendekatan scaffolding lebih baik daripada pemahaman konsep matematika setelah penerapan pendekatan scaffolding. Penerapan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Metro.} }