@thesis{thesis, author={Trianggraini Puspita}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA INSPIRE BERBASIS MEANS-ENDS ANALYSIS PADA MATERI KETENAGAKERJAAN KELAS XI IPS MA MA’ARIF NU 02 SIDOREJO TAHUN PELAJARAN 2020/2021}, year={2021}, url={https://eprints.ummetro.ac.id/949/}, abstract={Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan media power point, metode papan tulis, handout, buku teks dan lembar kerja peserta didik pada saat proses pembelajaran, karena kurangnya media pembelajaran yang digunakan di MA Ma?arif Nu 02 Sidorejo. Belum bervariasinya media yang digunakan dapat membuat peserta didik bosan sehingga berpengaruh kepada hasil belajar yang diperoleh. Maka diperlukan media untuk mengembangkan lectora inspire berbasis means-ends analysis yang sistematis disusun dengan tampilan yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media lectora inspire berbasis means-ends analysis pada materi ketenagakerjaan kelas XI Ips Ma Ma?arif Nu 02 sidorejo yang valid dan praktis. Maka dapat mengetahui keefektifan penggunaan media yang dikembangkan oleh peneliti dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (RnD), dengan model 4-D meliputi tahap pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Akan tetapi pada tahap penyebaran tidak dilakukan. Untuk mengetahui kelayakan berdasarkan validasi/penilaian dari ahli media, ahli desain dan ahli materi. Lectora inspire diujicobakan disekolah dilakukan kepada peserta didik kelas XI IPS 1 di MA Ma?arif NU 02 Sidorejo. Berdasarkan penilaian pengembangan media pembelajaran lectora inspire diketahui hasil rekapitulasi dari validasi ahli media dengan kriteria ?Kuat? pada persentase sebesar 76% dinyatakan valid, validasi ahli desain pembelajaran dengan kriteria ?Kuat? pada presentase sebesar 78% dinyatakan valid, validasi ahli materi dengan kriteria ?Sangat Kuat? pada presentase sebesar 89% dinyatakan valid. Produk praktis diperoleh dari hasil angket peserta didik dengan hasil akhir persentase sebesar 89,46% kriteria sangat praktis sehingga dinyatakan praktis. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran lectora inspire berbasis means-ends analysis yang dikembangkan media yang valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran} }