@thesis{thesis, author={SHOLEHA SHOLEHA}, title ={PENDIDIKAN INDONESIA PADA MASA PENDUDUKAN JEPANG (1942-1945)}, year={2021}, url={https://eprints.ummetro.ac.id/958/}, abstract={Permasalahan dalam penelitian ini pendidikan pada masa pendudukan Jepang mengalami berbagai macam penderitaan bagi rakyat Indonesia Tujuan penelitian ini: 1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan landasan filsafat pendidikan Indonesia pada masa pendudukan Jepang 1942-1945; 2) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan sistem pendidikan Indonesia pada masa pendudukan Jepang 1942-1945; 3) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan kebijakan pendidikan Indonesia pada masa pendudukan Jepang 1942-1945. Metode penelitian menggunakan metode historis dengan teknik pengumpulan data, study kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pendidikan yang diberlakukan pada era pendudukan Jepang di Indonesia adalah pendidikan semi militer dengan menerapkan latihan fisik pada para murid, kemiliteran dan indokterinasi ketat. Meskipun demikian, rakyat Indonesia banyak memperoleh kesempatan dalam bidang pendidikan. Pendidikan diselenggarakan pemerintah militer Jepang di Indonesia, sangat berbeda dengan pendidikan yang diselenggarakan pada masa Belanda, karena semua lapisan masyarakat pribumi diberikan hak untuk dapat mengaksesnya. Namun pada dasarnya pendidikan Jepang Untuk Indonesia hanya sebagai propaganda belakang, karena pasca pemberlakuan kebijakan justru mengakibatkan semakin turunnya murid-murid yang bersekolah dan jumlah sekolah juga berkurang dengan sangat drastis.} }