@thesis{thesis, author={Bestary Selly Adelia}, title ={PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN MASYARAKAT BERBASIS WEB (STUDI KASUS : KANTOR DESA BANJAR REJO)}, year={2021}, url={https://eprints.ummetro.ac.id/990/}, abstract={ABSTRAK Pemerintah memiliki tugas memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya, tidak terkecuali pemerintah desa. Layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat seperti pembuatan surat keterangan yang berhubungan dengan administrasi kependudukan. Berdasarkan wawancara dengan pihak Kantor Desa Banjar Rejo masih memiliki beberapa kelemahan, yaitu Kantor desa umumnya masih menyelenggarakan layanan administrasi kependudukan dengan cara manual dengan mengetik menggunkan Microsoft Word (belum memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara terkomputerisasi), Penduduk harus datang ke kantor desa untuk mengetahui prosedur layanan dan mengantri untuk mendapatkan layanan, sehingga proses layanan membutuhkan waktu yang seringkali melebihi standar waktu maksimal yang telah ditetapkan, Lamanya proses pembuatan surat mempengaruhi waktu yang dibutuhkan penduduk untuk menunggu, karena staf harus memeriksa berkas-berkas terlebih dahulu.Tujuan dari penelitian ini yaitu merancangsistem informasi pelayanan masyarakat berbasis web pada Kantor Desa Banjar Rejo.Sistem dirancang menggunakan pendekatan pemrograman terstruktur dan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak SDLC (Software Development Life Cycle),dengan teknik pengujian sistem menggunakan teknik Black Box Testing dan Beta testing. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP, dengan database MySQL dan menggunakan Framework Laravel. Alat pengembangan sistem yang digunakan adalah flowchart, dfd, erd. Sistem Informasi pelayanan masyarakat ini dibangun guna mempermudah dalam proses pencarian informasi dan pembuatan surat keterangan.} }