@thesis{thesis, author={Syahadati Arrifa Hasna}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH TEKS BIOGRAFI PAHLAWAN INDONESIA PADA SISWA KELAS X OTKP 1 SMK PLUS AN-NABA}, year={2019}, url={https://eprints.ummi.ac.id/1059/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor rendahnya kemampuan membaca khususnya dalam menelaah teks. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan menelaah teks biografi pahlawan Indonesia pada siswa kelas X OTKP 1 SMK Plus An-naba sebelum menggunakan model CIRC. 2) mengetahui kemampuan menelaah teks biografi pahlawan Indonesia pada siswa kelas X OTKP 1 SMK Plus An-naba setelah menggunakan model pembelajaran CIRC. 3) mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan menelaah teks biografi pahlawan Indonesia pada siswa kelas X OTKP 1 SMK Plus An-naba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pre-eksperimental dengan menggunakan desain pretest dan posttest dengan jumlah sampel sebanyak 28 siswa. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pretest sebesar 53,52 dan nilai rata-rata posttest sebesar 79,11. Hasil perhitungan masing-masing tes dilakukan menggunakan uji-t terhadap pretest dan posttest sehingga diperoleh hasil bahwa thitung 13,03 > ttabel 2,052. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CIRC berpengaruh dan dapat meningkatkan kemampuan menelaah teks biografi pahlawan Indonesia pada siswa kelas X OTKP 1 SMK Plus An-naba.} }