@thesis{thesis, author={Aprilia Dista}, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DI KELAS TINGGI}, year={2019}, url={https://eprints.ummi.ac.id/1103/}, abstract={Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Group Investigation dalam pembelajaran IPS yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa melalui model pembelajaran Group Investigation di kelas tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB. Pemilihan partisipan dilakukan berdasarkan penemuan permasalahan yang ada di kelas terkait dengan permasalahan rendahnya keterampilan berdiskusi peserta didik pada pembelajaran IPS. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket keterampilan berdiskusi, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi keterampilan berdiskusi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 April-06 Mei 2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa di kelas tinggi. Yaitu dari hasil pra siklus siswa dengan nilai 69%, pada siklus 1 meningkat dengan nilai 73%, selanjutnya pada siklus II mencapai 81%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa di kelas tinggi.} }