@thesis{thesis, author={Nugraha Angga}, title ={KEEFEKTIFAN METODE EXPERIENTIAL MELALUI MEDIA FILM DOKUMENTER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SISWA KELAS X SMK KESEHATAN TUNAS MADANI KOTA SUKABUMI TAHUN AJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={https://eprints.ummi.ac.id/616/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis narasi siswa kelas X SMK Kesehatan Tunas Madani kota Sukabumi sebelum menggunakan metode experiential melalui media film dokumenter, (2) mengetahui perbedaan kemampuan menulis narasi siswa kelas X SMK Kesehatan Tunas Madani kota Sukabumi sesudah menggunakan metode experiential dengan media film dokumenter, (3) mengetahui keefektifan metode experiential melalui media film dokumenter dalam pembelajaran menulis narasi siswa kelas X SMK Kesehatan Tunas Madani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest design yang dilakukan pada anggota populasi penelitian, yaitu kelas X SMK Kesehatan Tunas Madani Kota Sukabumi tahun ajaran 2017-2018 dengan sampel penelitian kelas X Perawat 1. Instrumen yang digunakan untuk menunjang keberhasilan penelitian ini, yaitu tes dan hasil non tes. Berdasarkan hasil pengolahan data, peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis narasi melalui metode experiential dan media film dokumenter menjadi meningkat. Hal ini terbukti dengan adanya perbedaan pada rata-rata skor pretest dan posttest dengan perhitungan thitung=16,63 dan ttabel= 2,51 maka thitung >ttabel.} }