@thesis{thesis, author={Ningrum Herni Puspita}, title ={PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP SELF EFFICACY SISWA KELAS IV DI SDN 2 GROGOL}, year={2022}, url={http://eprints.umpo.ac.id/10022/}, abstract={Herni Puspita Ningrum. 18150327. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Seff Efficaccy Siswa Kelas IV SDN 2 Grogol. Skripsi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2022. Pembimbing (I) Dr. Syarifan Nurjan, MA. dan Pembimbing (II) Dr. Muh. Tajab,M.A. Kata Kunci: Pola Auh Orang Tua, Self efficacy. Setiap insan memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan karena dengan adanya pendidikan dapat merubah taraf hidup serta dapat membawa manusia pada kualitas yang lebih baik. Mampu berpikir secara bijak dan mampu menyelesaikan masalah dengan baik. Proses pendidikan anak tidak terlepas dari pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Pola asuh juga akan berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa atau biasa disebut dengan self efficacy. Sekolah Dasar Negeri 2 Grogol merupakan sekolah yang sudah berdiri lama yaitu sejak tahun 1960. Sudah banyak pula prestasi yang diperoleh siswa-siswinya baik di bidang akademik maupun non akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap self efficacy siswa kelas IV di SDN 2 Grogol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Penelitian ini adalah penelitian regresi sederhana. Pengolahan datanya menggunakan laptop atau komputer melalui aplikasi SPSS.17.0 for windows. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap self efficacay siswa kelas IV di SDN 2 Grogol. Besarnya presentase pengaruh pola asuh terhadap self efficacy adalah sebesar 47,7 %, sedangkan sisanya sebesar 52,3% dipengaruhi oleh factor-faktor lain dari luar.} }