@thesis{thesis, author={Naufal Firdaus Muhammad}, title ={IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BAGI ANAK DI MADRASAH DINIYAH AL-QUR’AN (MADINA) IBNU KATSIR JEMBER}, year={2022}, url={http://eprints.umpo.ac.id/10192/}, abstract={Mengajarkan al-qur?an bagi anak yangbelum bisa membaca al-qur?an adalah dengan pembiasaan mendengarkan, menirukan bacaan dan menghafalkannya. Metode ini lazim disebut metode Talaqqi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat alasan metode talaqqi digunakan dalam pembelajaran al-qur?an di MADINA Ibnu Katsir Jember. Bagaimana implementasi metode talaqqi digunakan dalam pembelajran al-qur?an. Dan apa saja kelebihan dan kekurangan metode talaqqi di lembaga tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi wawancara dan dokumentasi di objek penelitan yaitu Madrasah diniyah Ibnu Katsir Jember. Analisis data menggunakan konsep miles dan Hubermen yaitu deskripsi data, triangulasi dan penulisan kesuimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1. Alasan metode talaqqi dapat diterapkan dalam menghafaz Al-Qur?an bagi Anak di MADINA Ibnu Katsir adalah karena metode Talaqqi dianggap sebagai metode yang paling baik yang dicontohkan Rasulullah dalam mengajarkan Al-Qur?an kepaa para sahabat-sahabatnya. Selain itu juga pertama kali Al-Qur?an diturunkan karena Rsaulullah masih dala keadaan buta huruf sehingga dibimbing oleh malaikat untuk membacanya. Hal ini dianggap metode talaqqi masih relevan sejauh ini digunakan dalam hafaan al-qur?an bagi anak. 2. Sebagaimana visi, misi dan tujuan lembaga sebagai lembaga pembelajaran Al-Qur?an MADINA Ibnu Katsir mengimplementasikan metode talaqqi bagi Anak Usia melalui kegiatan pembelajaran untuk kelas 1 di mana sebagian besar belum dapat membaca Al-Qur?an. Hidup keseharian dengan Al-Qur?an dalam pengamalan sehari-hari. 3. Kegiatan pendukung dari Implementasi metode talaqqi di antaranya kegiatan-kegiatan sekolah yang menunjang praktik pembelajran hafalan. Terdapat 9 pendukung 1) Memperdengarkan Murattal Al-Qur?an para Masyayikh yang Mu?tabar. 2) Pemberian Apresiasi atau Reward 3) Rihlah Qur?ani (Outing) 4) MHQ Internal 5) MHQ Eksternal 6) Studi Banding 7) MADINA Qur?anic Camp (Mukhoyyam Qur?ani) 8) Video dan Film Motivasi Tahfidz 9) Menghafaz Hadits Tentang keutamaan Al-Qur?an. Sementara kegiatan penghambat terletak pada keterbatasan jam dan kesiapan guru dalam mengajar metode talaqqi} }