@thesis{thesis, author={WIYONOROTO WIYONOROTO }, title ={PENGARUH KOMITE, PENGAWAS DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMAN 7 PURWOREJO }, year={2006}, url={http://eprints.ums.ac.id/6832/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh komite sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 7 Purworejo, (2) Pengaruh Pengawas terhadap kinerja guru di SMA Negeri 7 Purworejo, (3) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 7 Purworejo, (4) Pengaruh komite, pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMA Negeri 7 Purworejo. Populasi penelitian ini adalah semua guru SMA Negeri 7 Purworejo yang berjumlah 64 orang. Data dikumpulkan dengan metode angket dan sumber datanya adalah guru di SMA Negeri 7 Purworejo. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan regresi linier dengan tiga prediktor, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analis yaitu uji normalitas data, uji linieritas, uji multikolinearitas dan uji heterokesdastisitas Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan peran komite sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 7 Purworejo tahun 2005 dimana (p > 0,05 yaitu p = 0,196 atau t hitung 1,307 < t tabel 1,70); (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan peran pengawas sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 7 Purworejo tahun 2005 dimana (p > 0,05 yaitu p = 0,325 atau t hitung 0,992< t tabel 1,734); (3) terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 7 Purworejo tahun 2005 dimana (p < 0,05 yaitu p = 0,000 atau t hitung 4,748> t tabel 1,739); (4) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama komite, pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 7 Purworejo tahun 2005 dimana (p < 0,05 yaitu p = 0,000 atau F hitung 12,00> F tabel 2,76). Sumbangan efektif komite sekolah 5,51%, pengawas 1,90%, kepemimpinan kepala sekolah 30,09%. Total sumbangan efektif 37,50%, sisanya sebesar 62,50% disumbangkan oleh variabel lain diluar penelitian. Dari persamaan regresi, jika X1, X2, X3 makin besar, maka makin besar pula nilai Y yang berarti makin besar peran komite, pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah akan makin baik pula kinerja guru. Untuk itu disarankan peran komite, peran pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 7 lebih ditingkatkan agar dapat menambah kinerja guru sehingga dapat meningkatkan hasil proses belajar mengajar. } }