@thesis{thesis, author={ MURTIASIH SRI}, title ={PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN METODE KOLABORATIF SISWA KELAS X1 SMA MUHAMMADIYAH 4 ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 }, year={2010}, url={http://eprints.ums.ac.id/7110/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan bahwa pembelajaran dengan metode kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah 4 Andong, Boyolali, 2) memaparkan informasi tentang keaktifan siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah 4 Andong, Boyolali, 3) mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap pembelajaran menulis dengan pendekatan kolaboratif. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah 4 Andong yang berjumlah 29 siswa. Subjek penerima tindakan adalah peneliti untuk menganalisis setiap siklus untuk mengetahui hasil dari pekerjaan siswa setelah diketahui hasilnya dikelompokkan. Jumlah siswa yang berhasil dibagi dengan jumlah siswa keseluruhan dan dikalikan seratus, sedangkan subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data adalah guru kelas dan kepala sekolah, data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskripsi kualitatif dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampan menulis karangan deskripsi dari prasiklus sebesar 52,4, pada siklus I meningkat menjadi 69,3, pada siklus II meningkat menjadi 71,3 dan pada siklus III meningkat menjadi 75,1. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi.} }