@thesis{thesis, author={ DIANSYAH NUR}, title ={PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN NILAI PPDB (PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU)TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SEMESTER I SMA NEGERI KARANGPANDAN KARANGANYAR TAHUN 2009/2010 }, year={2010}, url={http://eprints.ums.ac.id/8671/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi 2) Untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan nilai PPDB dengan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi. 3) Untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dan nilai PPDB dengan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri Karangpandan tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif.. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 152 siswa. Sampel diambil sebanyak 39 orang siswa dengan Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,090 > 2,028 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan nilai PPDB terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,497 > 2,028 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,017. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan nilai PPDB terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri Karangpandan tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 16,190 > 3,259 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 67,9% dan sumbangan efektif 32,1%. Variabel nilai PPDB memberikan sumbangan relatif sebesar 32,2% dan sumbangan efektif 15,2%. Berdasarkan besarnya dan efektif variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan variabel nilai PPDB. } }