@thesis{thesis, author={ERVIANTI ERNA}, title ={EvaluasiPelaksanaan Program PendidikanInklusi di SD NegeriKalukuang III Kota Makassar}, year={2018}, url={http://eprints.unm.ac.id/10001/}, abstract={.2018. (dibimbing oleh Penelitianinibertujuanuntukmengevaluasipelaksanaan program pendidikaninklusif di SD NegeriKalukuang III Kota Makassar. Jenispenelitianiniadalahpenelitianevaluasi, dengan pendekatan kualitatif. Penelitiandilakukan di SD NegeriKalukuang III Kota Makassar.Subjekpenelitianadalahkepalasekolah, guru kelas, dan guru pembimbingkhusus.Teknikpengumpulan data menggunakanobservasi, wawancaradandokumentasi. Hasil dari evaluasi pelaksanaan program ini yaitu:(i) Perangkat perencanaan pembelajaran yang belum sesuai dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus, (ii) Sumber daya manusia yang perlu di tingkatkan mulai dari peningkatan jumlah guru pembimbing khusus dan keterampilan guru, (iii) Sarana dan Prasarana ditingkatkan, khususnya pada aspek prasarana, (iv) Pelaksanaan program yang masih sangat perlu ditingkatkan, (v) standar kompetensi lulusan siswa berkebutuhan khusus sudah sesuai dengan pedoman penyelenggaran pendidikan inklusi, dan (vi) standar penilaian untuk siswa berkebutuhan khusus juga sudah sesuai dengan pedoman penyelenggaran pendidikan inklusi. Evaluasi menunjukkanbahwapenyelenggaraanprogram di SD NegeriKalukuang III Kota Makassar belum memenuhiseluruh standarnasional pendidikan. Sehingga perluDinasPendidikanProvinsi Sulawesi Selatan menyediakankembali guru pembimbing khusus,Kepalasekolah, diharapkanmengadakanpertemuanorangtuasiswa berkebutuhan khusussecararutin danmemberikankesempatankepadasemua guru kelasuntukmengikutipelatihanpendidikaninklusi. serta Guru kelasdan Guru PembimbingKhususdiharapkanbekerjasamadalammerancangdanmengembangkanperangkat pembelajaran khusus dan bertanggungjawab menjalankan tugas. Kata Kunci: Discrepancy, Evaluasi, dan Program Pendidikan Inklusi.} }