@thesis{thesis, author={Musdalifah St. Musdalifah}, title ={PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM BIOLOGI TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DI MAN 1 MAKASSAR}, year={2018}, url={http://eprints.unm.ac.id/10017/}, abstract={Abstrak. Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman di MAN 1 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar penuntun praktikum Biologi terintegrasi nilai-nilai keislaman yang bersifat valid, praktis dan efektif, pada konsep sistem pernapasan. Tahap penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Instrumen penilaian terdiri atas tiga, yaitu (1) instrumen kevalidan penuntun praktikum Biologi terintegrasi nilai-nilai keislaman, (2) instrumen kepraktisan penuntun praktikum Biologi terintegrasi nilai-nilai keislaman, dan (3) instrumen keefektifan penuntun praktikum Biologi terintegrasi nilai-nilai keislaman. Seluruh instrumen yang digunakan dinyatakan valid. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata kevalidan penuntun praktikum yaitu 4, 20 (valid). Kepraktisan penuntun praktikum diperoleh respon peserta didik sebesar 85, 85% (sangat kuat) dan respon guru sebesar 95, 60% (sangat kuat.). Bahan ajar penuntun praktikum telah memenuhi kriteria keefektifan yaitu sebesar 95% mencapai nilai ketuntasan hasil belajar, 92,31% mencapai nilai keterampilan psikomotorik (sangat baik) dan 84,17% mencapai nilai afektif (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar penuntun praktikum Biologi terintegrasi nilai-nilai keislaman yang dikembangkan bersifat valid, praktis dan efektif. Kata kunci: penelitian pengembangan, bahan ajar penuntun praktikum, Biologi, terintegrasi nilai-nilai keislaman} }