@thesis{thesis, author={RAMADHANI SYAHRUL}, title ={SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENJAS DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SD PURI TAMAN SARI MAKASSAR}, year={2018}, url={http://eprints.unm.ac.id/10084/}, abstract={SYAHRUL RAMADANI, 2018 ?Survei Sarana dan Prasarana Penjas dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SD UngulanPuri Taman Sari Makassar?. SkripsiJurusanPendidikanGuru SekolahDasarUniversitasNegeri Makassar,konsul (1) Drs. H La Kamadi, M.Pd. konsul (2) Dr M Adam Mappaompo, M. Pd. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakah ketersediaansaranadanprasaranapenjas sudah memadahi proses pembelajaran penjasdalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SD Ungulanpuritaman Sari Makassar. Penelitianiniadalahpenelitiandeskriptifkualitatif.Populasipenelitianiniadalahkeseluruhansubjekpenelitianyaitusaranadanprasaranaolahraga SD Ungulanpuri Taman Sari Makassar Adapun hasil persentase rata ? rata keseluruhan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran penjas di SD ungulanPuri Taman Sari Makassar yaitu dengan cara menjumlahkan rata-rata masing-masing cabang olahraga di bagi jumlah cabang olahraga. Sehingga dapat ditentukan bahwa rata-rata sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran penjas di SD UngulanPuritaman sari Makassar adalah 66,13% dengan kategori ?baik? untuk proses pembelajaran penjas sesuai dengan kurikulum 2013. Dari 7 prasarana, sudahtersedia4prasaranaatau100% tergolongsangatbaik, serta 1 prasaranaatau50% tergolongsedang. Hanyaterdapat 3 jenisprasarana yang jumlahataukuantitasnyatermasukdalamkategorikurangsekaliatau 0%, karena di SD UngulanPuri Taman Sari Makassar tidakterdapatlapangansepak bola, lapangan futsaldankolam renang. Dari 21saranaolahraga, 2 saranaatau 33,3% yangtermasukdalamkategorikurang sekali, 5 saranaatau 50% telah masuk dalam kategori sedang, dan 16 sarana atau 100% tergolong sangat baik. Sesuaihasilpenelitianini, disarankan : (1) Guru diharapkan untuk lebih kreatif dalam memberdayakan ketersediaan sarana dan prasarana berdasarkan pelaksanaan kurikulum 2013.(2) Guru bagiansaranadanprasaranaolahragahendaknya lebihmengawasibaiksaranadanprasarana yang standardalammenunjangprestasiolahragasiswa. (3) Gurumampumemberikanilmu yang dapatmenunjangprestasipesertadidik agar fungsidarikegiatanproses belajar mengajardapatterealisasidenganbaik. KATA KUNCI : Sarana Dan Prasarana} }