@thesis{thesis, author={DHIYAUL ISLAM AUNI}, title ={PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA DENGAN METODE PEMBELAJARAN TANDUR DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS X PERHOTELAN SMKN 6 MAKASSAR}, year={2023}, url={http://eprints.unm.ac.id/28949/}, abstract={Penelitian ini mengangkat dua masalah yaitu: (1) Bagaimana metode Tandur dapat meningkatkan keterampilan bermain drama pada peserta didik kelas X Perhotelan SMKN 6 Makassar? (2) Bagaimana hasil peningkatan keterampilan bermain drama dengan metode pembelajaran Tandur pada peserta didik kelas X Perhotelan SMKN 6 Makassar?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X Perhotelan 1 SMK Negeri 6 Makassar. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, tes praktik dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuanititatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penerapan Model pembelajaran Tandur sesuai dengan langkah model pembelajaran Tandur, peneliti menciptakan suasana menyenangkan, memahami materi pembelajaran, dan memberikan penghargaan kepada peserta didik. (2) Hasil belajar pre-test siklus 1 yaitu nilai rata-rata 32.25 ketuntasan 10,3% setelah pembelajaran di siklus I, sehingga post-test siklus 1 menjadi 51,6 ketuntasan 41.37% tetapi belum mencapai target ketuntasan. Pada siklus II nilai meningkatan menjadi 80 ketuntasan 93%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa model pembelajaran Tandur dapat meningkatkan hasil belajar Seni budaya khususnya dalam pembelajaran bermain drama pada Kelas X Perhotelan 1 SMK Negeri 6 Makassar. Kata kunci: metode pembelajaran Tandur, hasil belajar bermain drama} }