@thesis{thesis, author={AMSA YUNITA SUSAN}, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 16 Makassar}, year={2018}, url={http://eprints.unm.ac.id/9914/}, abstract={Skripsi, Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dra. Sitti Hajerah Hasyim,M.Si dan Drs. M. Yusuf A.Ngampo, MM Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Peserta Didik di SMA Negeri 16 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Explicit Instruction (X) dan hasil belajar (Y). Populasinya yaitu keseluruhan jumlah siswa kelas X1 IPS di SMA Negeri 16 Makassar 2016/2017 sebanyak 147 Peserta Didik, sedangkan penentuan sampelnya menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 36 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan menggunakan program SPSS 21 for windows Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh persamaan regresi linear sederhana Y= 60,189+2,247X dimana setiap penambahan satu nilai model pembelajaran Explicit Instruction , maka hasil belajar bertambah sebesar 2,247. Hasil penelitian penggunaan model pembelajaran Explicit Instruction diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 52 dan rata-rata posttest yaitu 88,083 dari koefisien korelasi sebesar 0,247, signifikan di uji melalui t hitumg sebesar 5,515 yang lebih besar t tabel 2,000. Nilai R2 (R Squeare) 0,247. Uji t diperoleh nilai signifikan 0,00< 0,05 Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan setelah diberikan perlakuan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Explicit Instruction, Hasil Belajar.} }