@thesis{thesis, author={Santoso Puji}, title ={Analisis SWOT sebagai landasan dalam menentukan strategi pemasaran pada PT. Rikio Indonesia di Purwodadi}, year={2006}, url={https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/1056/}, abstract={Dalam perkembangan dunia usaha dewasa ini terjadi pergeseran dari cara berusaha yang konvensional menuju kearah suatu usaha yang makin modern dan lebih bersaing. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya perusahaan yang didirikan melalui unit-unit usaha dalam perusahaan, semakin condong ke arah kompetisi dan persaingan yang tajam. Untuk itulah perusahaan harus mampu mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dengan selalu menganalisis kesempatan apa saja yang dapat dimanfaatkan dan juga harus bersiap sedia dalam menghadapi ancaman-ancaman yang mungkin terjadi. Dalam hal ini analisis SWOT mempunyai peranan sangat penting di dalam membantu mengidentifikasi dan menganalisis terhadap peluang maupun ancaman di lingkungan eksternal perusahaan, serta kekuatan maupun kelemahan di dalam lingkungan internal perusahaan sendiri. Dari proses penganalisaan lingkungan internal dan eksternal perusahaan maka akan dapat membantu perusahaan untuk menentukan strategi pemasaran yang benar-benar tepat agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Strategi pemasaran merupakan strategi fundamental yang direncanakan untuk dapat mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang telah dimiliki. Strategi pemasaran ini diharapkan akan dapat digunakan di dalam perusahaan sepatu dan sandal PT. Rikio Indonesia. Sehubungan dengan penganalisaan lingkungan tersebut, metode analisis yang digunakan adalah ETOP (Enviromental Threat and Opportunity Profile) untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan lingkungan internal perusahaan, SAP (Strategy Advantage Profile) yang digunakan untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman lingkungan eksternal perusahaan. Dari matrik ETOP dan SAP dikembangkan ke dalam Matrik SWOT, hal ini dapat dijabarkan menjadi strategi SO 16 (Strenght Oppurtunity) artinya pemanfaatan peluang untuk memperkuat kekuatan yang dimiliki perusahaan, ST (Strenght Threat) artinya kekuatan yang dimiliki untuk menghindari ancaman, WO (Weakness Oppurtunity) artinya memanfaatkan peluang untuk mengurangi kelemahan yang ada. Dan terakhir adalah WT (Weaknass Threat) artinya perlu mengurangi kelemahan yang ada untuk menghindari adanya ancaman. Diagram SWOT dalam hal ini membantu menentukan posisi perusahaan dan alternative strategi yang dapat dipakai oleh perusahaan. Dan terakhir adalah BCG (Boston Consulting Group) yang digunakan untuk dapat mengukur pertumbuhan pasar dan pertumbuhan pasar relatif yang dimiliki perusahaan dibandingkan dengan pesaing yang ada. Matriks BCG ini akan menentukan posisi perusahaan dan alternative strategi yang dapat digunakan. Dari hasil penganalisaan akan dapat diketahui strategi pemasaran apa saja yang dapat digunakan oleh perusahaan. Dan yang paling utama dalam pembahasan ini adalah analisis SWOT sebagai landasan dalam menentukan strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh PT. Rikio Indonesia dengan menggunakan Strategi Pertumbuhan Internal melalui diversifikasi konsentrik. Yaitu dengan melakukan pengembangan pasar, pengembangan produk, dan pengembangan teknologi.} }