@thesis{thesis, author={Wibowo Nuriva Joko}, title ={Analisa break even point guna menetapkan kuantitas penjualan produk, volume penjualan dan target laba pada PT. Agung Jaya Mahkota Hotel Genteng Banyuwangi}, year={2010}, url={https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/2515/}, abstract={Dalam perkembangan dunia usaha sekarang ini, peranan manajer sangat penting dalam suatu perusahaan dalam hal perencanaan kegiatan perusahaan dengan memanfaatkan sumber daya manusia, bahan baku, serta modal yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu memperoleh laba seoptimal mungkin (profitabilitas) baik jangka pendek maupun jangka panjang. ada beberapa faktor yang mempengaruhi pencapaian target laba seperti biaya, harga jual, dan volume penjualan. Salah satu alat yang digunakan oleh perusahaan dalam merencanakan laba adalah analisis Break Even Point. Analisis ini menjelaskan hubungan antara biaya, harga jual dan volume penjualan yang akan menunjukan posisi perusahaan berada pada penjualan tertentu yang tidak mengalami kerugian atau mendapat keuntungan. Dengan kata lain laba sama dengan nol (0) atau hanya cukup untuk menutupi biaya produksi. Dan juga berperan memberikan informasi mengenai jumlah penjualan minimum yang harus dipertahankan agar penjualan tidak mengalami kerugian serta berapa penurunan volume penjualan maksimal sehingga tidak menderita kerugian. Berdasarkan uraian di atas dapat dilihat pentingnya analisa Break Even Point dalam membantu manajemen untuk merencanakan dan meramalkan penjualan yang akan datang sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.} }