@thesis{thesis, author={Habiba Nur Allela}, title ={Pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) (studi kualitas pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bantur Kecamatan Bantur Kabupaten Malang)}, year={2017}, url={https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/2751/}, abstract={Tugas Negara adalah melayani masyarakat, sehingga pelayanan publik adalah suatu keharusan bagi Negara untuk diberikan kepada masyarakat. Begitu pula pelayanan dalam bidang kesehatan, di Indonesia pelayanan kesehatan merupakan salah satu pelayanan publik yang diutamakan. Karena tingkat kesehatan masyarakat mencerminkan Negara yang maju. Pelayanan kesehatan terebut diawali di Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) sebagai ujung tombak pelayanan dan pengembangan kesehatan di Indonesia. Oleh karena itu bagaimana pelayanan kesehatan di Puskesmas perlu perhatikan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan. Sehingga kepuasan masyarakat yang menjadi tujuan pelayanan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan di Pukesmas Bantur Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Melalui sistem pelayanan serta faktor pendorong dan penghambat pelayanan kesehatan di Puskesmas Bantur Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Penelitian ini berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan penulis serta masyarakat tentang pelayanan kesehatan dan dapat dijadikan referensi sebagai penelitian berikutnya. Serta dapat dijadikan bahan evaluasi dalam pelayanan kesehata di Puskesmas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui pengumpulan data sekunder, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Bantur Kecamatan Bantur Kabupaten Malang sebagai Puskesmas Induk di wilayah Bantur bagian selatan. Informan dalam penelitian ini yaitu semua pegawai yang terkait langsung dengan pelayanan masyarakat di Puskesmas Bantur Kecamatan Bantur Kabuaten Malang. Serta masyarakat atau pasien tiga bulan terakhir sebagai penerima layanan Puskesmas. Hasil Penelitian terhadap kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas di Puskesmas Bantur Kecamatan Bantur Kabuaten Malang diukur dengan menggunakan 5 dimensi kualitas pelayanan publik yakni Bukti Langsung xv (Tangibles), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empaty). Pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas Bantur telah efektif karena telah mendapatkan penilaian yang baik dari masyarakat berdasarkan kelima indikator peniaian yang digunakan, hal ini ditunjukan dengan rekapitulasi kelima indikator kualitas pelayanan sudah berada diatas 60%, hal ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan sudah baik.} }