@thesis{thesis, author={Lestari Rimbawati Chandra Nur}, title ={Pengaruh promotional mix terhadap volume penjualan pada Perusahaan Eternit Meco Malang}, year={2006}, url={https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/828/}, abstract={Pemasaran telah menjadi subyek yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari sejalan dengan semakin berkembangnya perekonomian. Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Tanggung jawab pokok seorang manajer pemasaran adalah melakukan analisis pasar, merencanakan, dan melaksanakan program-program pemasaran, melakukan pengawasan, dan evaluasi untuk mempengaruhi tingkat, saat, dan sifat permintaan yang akan membantu perusahaan mencapai tujuannya. Salah satu upaya agar produk yang dihasilkan dapat diterima konsumen adalah dengan melaksanakan pemasaran secara tepat dan terpadu sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan itu sendiri. Dalam hal ini promotional mix yang telah dilakukan oleh perusahaan eternit MECO MALANG berupa advertising, sales promotion, personal selling, dan publisitas. Sedangkan kegiatan advertising melalui kalender, kegiatan sales promotion melalui pemberian jaminan produk dan potongan harga sebesar 5 %, kegiatan personal selling melalui pemberian informasi atas produknya kepada pelanggan yang dilakukan oleh pimpinan perusahaan itu sendiri, kegiatan publisitas melalui hubungan dengan masyarakatnya. Dari uraian di atas, maka penulis ingin mengetahui dan meneliti lebih jauh tentang kegiatan pemasaran di perusahaan eternit MECO MALANG khususnya tentang seberapa pentingnya promotional mix dapat meningkatkan volume penjualan, sehingga penulis memilih judul ?PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN ETERNIT MECO MALANG?. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa data kuantitatif dengan regresi linier berganda setelah dilakukan analisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda didapatkan nilai konstanta (B0) sebesar -652419287,295 menunjukkan besarnya penjualan jika tidak ada pengaruh advertising, sales promotion, personal selling, dan publisitas. Besarnya koefisien determinasi (R2) = 0,996 dan setelah disesuaikan menjadi adjusted R square sebesar 99,6 % menunjukkan advertising, sales promotion, personal selling, dan publisitas secara bersama-sama memberikan kontribusi / sumbangan sebesar 99,6 % terhadap perubahan volume penjualan, sedangkan sisanya sebesar 0,4 % merupakan sumbangan variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Uji F dengan cara membandingkan Fhitung dengan Ftabel, pada tingkat kepercayaan 95 % ( = 0,05) dan df = 4 ; 6 diperoleh nilai Ftabel sebesar 5,19 sedangkan nilai Fhitung sebesar 61,323. Dengan demikian nilai Fhitung ? Ftabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, jadi terbukti secara statistik bahwa ada pengaruh yang nyata antara variabel promotional mix advertising, sales promotion, personal selling, dan publisitas secara bersama-sama terhada penimgkatan volume penjualan. Untuk mengetahui variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan, dapat dilihat dari besarnya thitung. Dapat diketahui variabel bebas X1 (advertising) adalah variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan, hal ini dapat diketahui karena variabel bebas X1 (advertising) mempunyai nilai koefisien tertinggi yaitu 62,765 dibandingkan dengan variabel bebas lain, selain itu nilai thitung variabel bebas X1 (advertising) juga memiliki nilai paling besar yaitu 3,416 sehingga hipotesis kedua yang menyatakan bahwa advertising mempunyai pengaruh paling dominan terhadap peningkatan volume penjualan dapat diterima dan telah teruji secara statistik. Dari hasil analisis penelitian secara keseluruhan, maka saran yang dapat disampaikan hendaknya dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui variabel lain yang mempengaruhi peningkatan volume penjualan yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Karena dengan mengetahui variabel lain tersebut akan diketahui hal-hal lain yang mempengaruhi peningkatan volume penjualan pada perusahaan eternit MECO MALANG.} }