@thesis{thesis, author={Kehik Nicko Andriance Hale}, title ={Pengaruh faktor-faktor perilaku psikologis konsumen terhadap pengambilan keputusan pembelian handphone merk Nokia (studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unmer Malang)}, year={2006}, url={https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/944/}, abstract={Berawal dari Dengan semakin banyaknya jenis ponsel yang ada maka perusahaan ponsel harus mampu bersaing bagaimana menciptakan sebuah inovasi baru yang dapat memberikan kepuasan bagi pemakai ponsel itu sendiri baik dari segi pengoperasiannya, kualitasnya, desainnya dan kelengkapan menunya sehingga dengan demikian konsumen dapat menentukan pilihannya. Dalam pengambilan keputusan tersebut, konsumen akan dipengaruhi oleh berbagai faktor, khususnya faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pengetahuan, dan sikap dan keyakinan. Dari uraian tersebut di atas maka penulis tertarik untuk membahas masalah penelitian tentang ?Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Psikologis Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Handphone Merk Nokia? (Studi pada Mahasiswa FE Unmer Malang). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari (motivasi, persepsi, pengetahuan, keyakinan dan sikap) terhadap keputusan pembelian Produk Ponsel merk Nokia pada Mahasiswa FE Unmer Malang. 2) Untuk mengetahui diantara (motivasi, persepsi, pengetahuan, keyakinan dan sikap) yang berpengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan pembelian Produk Ponsel merk Nokia pada Mahasiswa FE Unmer Malang. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 40 responden mahasiswa yang menggunakan hp merek Nokia dan selanjutnya hasil dari kuesioner dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda sehingga didapatkan hasil: 1) terbukti bahwa variabel bebas motivasi, persepsi, pengetahuan dan keyakinan dan sikap secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Handphone merk Nokia. 2) Dari hasil uji secara parsial untuk menguji hipotesis yang kedua juga telah terbukti bahwa faktor motivasi mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk Handphone merk Nokia. Hal ini dapat dilihat dari besarnya koefisien regresi motivasi yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel yang lain. 3) Nilai R square (R2) sebesar 0,574 dan setelah disesuaikan menjadi 0,525 hal ini menunjukkan kontribusi variabel bebas faktor psikologis terhadap keputusan pembelian Handphone merk Nokia oleh mahasiswa sebesar 52,5% dan sisanya 47,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.} }