@thesis{thesis, author={Vanda Achmad}, title ={Pengaruh bauran promosi terhadap tingkat hunian kamar di Hotel Mutiara Malang}, year={2006}, url={https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/980/}, abstract={Perusahaan dituntut untuk bisa meninjau bauran promosi yang dipergunakan dan selalu dapat menarik konsumen dan dapat dikenal masyarakat luas, maka bauran promosi sebagai alat komunikasi sangat penting bagi suatu perusahaan karena dengan bauran promosi dapat membantu dalam memperluas pengenalan produk suatu barang/jasa perusahaan terhadap konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bauran promosi terhadap tingkat hunian kamar di Hotel Mutiara Malang dan untuk menganalisis variabel-variabel dari bauran promosi yang dominan berpengaruh terhadap tingkat hunian kamar di Hotel Mutiara Malang. Kegiatan bauran promosi yang dilakukan oleh Hotel Mutiara Malang terdiri dari advertising, personal selling dan sales promotion. Pelaksanaan kegiatan bauran promosi tersebut dari tahun 1998 ? 2005 mengalami peningkatan diikuti dengan peningkatan tingkat hunian kamar yang meningkat dari tahun 1998 ? 2005. Dari hasil perhitungan secara statistik diperoleh analisis regresi linier berganda dengan SPSS diperoleh Fhitung sebesar 297,146 , sedangkan Ftabel pada ? = 5%, yang berarti bahwa hipotesis pertama, diduga variabel advertising (X1), personal selling (X2) dan sales promotion (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat hunian kamar (Y) teruji. Hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas advertising (X1) personal selling (X2) dan sales promotion (X3) secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel tingkat hunian kamar (Y). Sedangkan hasil dari pengujian hipotesa yang kedua menunjukkan bahwa advertising (X1), personal selling (X2) dan sales promotion (X3), mempunyai nilai thitung > ttabel dan nilai probabilitasnya lebih kecil dari ? = 0,05; maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa advertising (X1), personal selling (X2) dan sales promotion (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tingkat hunian kamar (Y). Koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,998; menunjukkan bahwa bersama-sama terdapat hubungan yang cukup positif dan searah antara advertising (X1), personal selling (X2), dan sales promotion (X3), terhadap tingkat hunian kamar (Y) sebesar 99,8 %. Hubungan ini dapat dikategorikan sangat kuat, sebagaimana diketahui bahwa suatu hubungan dikatakan sempurna jika koefisien korelasinya mencapai angka 100 % atau 1 (baik dengan angka positif atau negatif).} }