@thesis{thesis, author={Badruzzaman Nedin and Ghani Resy A and Sakinah Siti Nur}, title ={PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Empang 2 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021}, year={2021}, url={http://eprints.unpak.ac.id/860/}, abstract={ABSTRAK Siti Nur Sakinah. 037116195. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausalitas, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilakukan uji validitas instrumen variabel kedisiplinan dan kemandirian belajar siswa menggunakan rumus Product Moment Person dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A, V B dan V C, Sekolah Dasar Negeri Empang 2 Kota Bogor yang dilaksanakan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 104 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 51 siswa, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Penelitian Kuantitatif ini dilanjutkan dengan menguji pada sampel dengan instrumen yang valid dan reliable. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa, ditujukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien relasi sebesar 3,99 yang berarti pengaruh antara variabel rendah. Harga koefisien persamaan regresi ?=63,08+(0,36X) yang berarti setiap peningkatan satu unit kedisiplinan (X) akan meningkatkan kemandirian belajar siswa (Y) sebesar 0,36 unit.Kontribusi variabelkedisiplinan dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa (r2) sebesar 0,15 dengan koefisien determinasi sebesar 15% dan sisanya 85% dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti lingkungan keluarga maupun lingkungan belajar di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa. Hal ini berarti bahwa salah satu faktor dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa adalah dengan meningkatkan kedisiplinannya.Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Kedisiplinan} }